Pemakaian media dalam dunia pendidikan merupakan bagian dari tuntutan zaman. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, perkembangan sosial dan kulutral, perubahan persepsi dan aspirasi, selain sangat cepat berkembang, sering juga sangat fundamental, tidak mudah diikuti oleh ilmu pendidikan tradisional. Masyarakat menjadi semakin dinamis, ilmu berkembang semakin hebat, teknologi semakin canggih. Sistem kependidikan kiranya perlu ditinjau dan diserasikan lagi guna menghadapi berbagai tugas-tugas yang semakin komplek. Guru/dosen bukan merupakan satu-satunya sumber belajar. Karena di luar itu, masih banyak sumber belajar yang lain yang dapat diakses oleh siswa/mahasiswa, seperti koran, radio, televisi, internet, dan masyarakat langsung.

Sistem yang ada, yang pada zaman dulu, mampu memberikan jasa besar, kini sulit mengemban beban beratnya untuk masa depan, yang dahulu barangkali belum terpikirkan. Ilmu pendidikan sangat perlu menemukan bentuk yang terkristalisasi sebagai sistem yang kukuh, utuh dan aktual, karena persoalan yang dibebankan pada sektor pendidikan adalah multidimensional.

Pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan merupakan issue penting yang perlu ditanggapi dengan penuh kecermatan, baik dalam sikap maupun langkah. Sehingga kita tidak terjebak secara latah memakai teknologi canggih dan atau sebaliknya apriori terhadap pemakaian teknologi. Oleh karena itu dalam langkah dan sikap ini perlu kiranya tetap dijaga agar peran teknologi adalah tetap sebagai ALAT dan bukan sebagai TUJUAN. Teknologi sebagai “Tool” hendaknya menjembatani dan membantu mengatasi persoalan-persoalan tersebut.



.....................


Kaitan tersebut, program Center of Excelence bidang Materi dan Pola Pembelajaran Fiqih yang ditangani oleh Institut Islam Nahdlatul Ulaman (INISNU) Jepara ini, akan mempunyai dampak positif dalam perkembangan pendidikan Islam. Hal ini akan terwujud, jika semua komponen yang terlibat dalam mengambil kebijakan Pendidikan Islam dan praktisi pendidikan Islam di semua lini kehidupan. juga mempunyai komitmen bersama untuk membangun sistem pendidikan yang selama ini masih menghadapi masalah yang cukup serius.